Olympiade Guru Mata Pelajaran Tingkat SMA dan SMP akan memasuki tahun kedua, untuk tahun 20011, mata pelajaran yang di ujikan baru Matematika dan Fisika Tingkat SMA, Sedangkan tahun 2012 di rencanakan Untuk Guru SMP pada Guru Mata Pelajaran Matematika dan IPA, Sdangkan Pada Guru Tingkat SMA/SLTA dikembangkan menjadi 3 Mata Pelajaran Matematika, Fisika, dan Kimia (Tahun 2011 hanya Mata Pelajaran Matematika dan Fisika), Untuk penyaringan pada Tingkat Kabupaten yang direncanakan pada bulan Mei - Juni 2012, Penyusunan soal menjadi Wewenang dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan Mengacu pada Pedoman umum yang telah di Tetapkanoleh Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMP dan PMP), Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan OSN Guru Mata Pelajaran Matematika , Fisika, dan Kimia Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memotivasi guru-guru Sains untuk meningkatkan kompetensinya.
OSN (Olimpiade Sains Nasional) tahun 2012 dilaksanakan bagi siswa (SD, SMP, SMA, dan SMK) dan guru (SMP dan SMA)
Jadwal pelaksanaan OSN 2012 tingkat nasional
Jadwal pelaksanaan OSN 2012 tingkat nasional
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2012 – SD, SMA, SMK
- Waktu : 2-8 September 2012
- Lokasi : Jakarta
- Waktu : 28 Juni-4 Juli 2012
- Lokasi : Pontianak, Kalimantan Barat
Adapun Tujuan kegiatan OSN Guru adalah:
- Menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan guru.
- Meningkatkan wawasan pengetahuan, motivasi, kompetensi, profesionalisme, dan kerja keras untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Membina dan mengembangkan kesadaran ilmiah untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi masa kini dan yang akan datang.
- Mengangkat status guru sebagai penyandang profesi yang terhormat, mulia, bermartabat, dan terlindungi.
- Membangun komitmen mutu guru dan peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran secara lebih merata.
- Terpilihnya Peringkat OSN Guru Mata Pelajaran Matematika , Fisika, Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional.
- Adanya peningkatan profesionalisme guru Mata Pelajaran Matematika dan Fisika untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berkualitas.
- Persyaratan administratif
- Guru SMA yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) atau bukan PNS.
- idak sedang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas ke unit kerja lainnya.
- Mengajar Mata Pelajaran Matematika atau Fisika.
- Mempunyai masa kerja sebagai guru sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun secara terus-menerus, dibuktikan dangan SK CPNS atau SK Pengangkatan bagi guru bukan PNS.
- Memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (S1) Matematika untuk Mata Pelajaran Matematika atau (S1) Fisika untuk Mata Pelajaran Fisika.dan sarjana (S1) Kimia Untuk Mata Pelajaran KImia.
- Mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
- Guru unggul/mumpuni dilihat dari kompetensi pedagogik dan profesional.
- Kompetensi pedagogik tercermin dari tingkat pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
- Kompetensi profesional/akademik tercermin dari tingkat penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.
- Guru yang mampu menunjukan praktik pembelajaran terbaik, pengalaman dan nilai tambah pelatihan, serta hasil karya pengembangan profesi dan menuangkannya ke dalam risalah singkat dengan sistematika dasar .
Kompetensi Pedagogik
a. Pemahaman peserta didik secara mendalam:
- memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif;
- memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip kepribadian; dan
- mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik.
b. Merancang pembelajaran, termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran:
- pemahaman landasan kependidikan;
- menerapkan teori belajar dan pembelajaran;
- menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar;
- serta menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.
c. Pelaksanaan pembelajaran memiliki:
- menata latar (setting) pembelajaran; dan
- melaksanakan pembelajaran yang kondusif.
d. Rancangan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran:
- merancang dan melaksanakan evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode;
- menganalisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning); dan
- memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.
e. Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya:
- memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi akademik; dan
- memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi nonakademik.
AKADEMIK UNTUK GURU SMP
A. OSN GURU MATEMATIKA
- Bilangan: Sifat-sifat operasi hitung bilangan, sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar, barisan dan dere bilangan serta penerapannya dalam pemecahan masalah
- Aljabar: Bentuk aljabar, relasi, fungsi, persamaan garis lurus, sistem persamaan dan pertidaksamaan linear, perbandingan, aritmetika sosial, konsep himpunan, operasi himpunan, diagram Venn serta penerapannya dalam pemecahan masalah.
B. OSN GURU FISIKA
- Pengukuran : besaran , satuan, dimensi, dasar-dasar pengukuran, dan ketidakpastian
- Mekanika : benda titik, benda tegar, kekekalan energi, dan fluida.
- Termodinamika : suhu dan kalor, gas ideal
- Gelombang dan Optika : getaran, gelombang, bunyi, optika dan alat-alat optik.
- Kelistrikan dan kemagnetan : elektrostatika, elektrodinamika, medan magnetik dan gaya gerak listrik induksi.
AKADEMIK UNTUK GURU SMA
A. OSN GURU MATEMATIKA SMA
- Pernyataan dalam matematika dan ingkarannya, nilai kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah.
- Aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat, fungsi eksponen dan grafiknya, fungsi komposisi dan fungsi invers, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, algoritma pembagian dan teorema sisa, program linear, matriks dan determinan, vektor, transformasi geometri dan komposisinya, barisan dan deret, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
- Kedudukan, jarak dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang di ruang dimensi tiga, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
- Konsep perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, rumus sinus dan kosinus jumlah dan selisih dua sudut, rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
- Limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri di suatu titik dan sifat-sifatnya, turunan fungsi, nilai ekstrem, integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan trigonometri, serta penerapannya dalam pemecahan masalah.
- Pemahaman dan aplikasi penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, gambar, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran penyebaran, permutasi dan kombinasi, ruang sampel dan
- peluang kejadian dan penerapannya
- dalam pemecahan masalah.
- g. Kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif dalam aplikasi matematika.
B. OSN GURU FISIKA SMA
- Percobaan, antara lain merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data, menarik kesimpulan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis.
- Prinsip-prinsip pengukuran dan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti, dan obyektif.
- Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik dan benda tegar, kekekalan energi, impuls, dan momentum.
- Prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor.
- Konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
- Konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk teknologi.
- Konsep dan prinsip Fisika modern.
C. OSN GURU KIMIA SMA
- Struktur atom dan sistem periodik unsur: Struktur atom menurut hipotesa Bohr, Sifat-sifat unsur, massa atom, dan proses pembentukan ikatan ion, kovalen, koordinasi, dan ikatan logam dan sifat fisika senyawa.
- Stoikiometri: Senyawa anorganik dan organik, gugus ikatan senyawa organik, persamaan reaksi senyawa karbon, Hukum Proust dan aplikasinya dalam menyelesaikan persamaan reaksi, konsep mol dan penerapannya pada perhitungan dalam reaksi kimia.
- Larutan: Pengelompokan larutan nonelektrolit dan elektrolit berdasarkan data percobaan, konsep oksidasi-reduksi dalam reaksi kimia dan hubungannya dengan tata nama senyawa, aplikasi konsep oksidasi-reduksi dan tata nama senyawa dalam reaksi kimia.
- Senyawa Hidrokarbon: Sifat-sifat khas atom karbon dalam membetuk rantai ikatan hidrokarbon, gugusan alkana, alkena, alkuna, alkil dan alkaloid, proses pembentukan minyak bumi, teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta aplikasinya, dan pemanfaatan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni dan estetika.
- Atom dan molekul: tingkat energi atom hidrogen menurut teori atom Bohr, konfigurasi elektron menurut teori kuantum, teori pasangan elektron di sekitar atom dan hibrasi serta aplikasinya dalam meramalkan bentuk molekul.
- Energi dalam reaksi kimia dan pengukurannya: Perubahan entalpi pada reaksi eksoterm dan reaksi endoterm, menggunakan Hukum Hess, perubahan entalpi standar dan energi ikatan untuk menentukan perubahan entalpi.
- Kinetika reaksi dan keseimbangan kimia: Laju reaksi dan faktor- faktor yang menentukan laju reaksi, teori tumbukan dan faktor- faktor penentu laju dan orde reaksi serta aplikasinya, keseimbangan dan faktor-faktor penentu pergeseran keseimbangan, aplikasi konsep keseimbangan reaksi dalam menentukan hubungan kuantitatif pereaksi dan hasil reaksi, aplikasi konsep keseimbangan reaksi dalam kehidupan sehari- hari dan industri
- Sifat-sifat asam basa dan pengukurannya: Asam, basa dan garam, penentuan pH larutan, penentuan jumlah pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi, larutan penyangga dan hidrolisis, pemanfaatan perubahan pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis, pemanfaatan sifat-sifat larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup, penggunaan pH larutan hidrolisis untuk menentukan jenis garam terlarut, dan Penerapan prinsip kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk memprediksi endapan suatu reaksi
- Koloid dan penerapannya: Penggunaan bahan-bahan lokal untuk membuat berbagai sistem koloid, dan pengelompokan sifat-sifat koloid dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
- Sifat Koligatif larutan: penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis sebagai sifat koligatif larutan, dan perbandingan sifat koligatif larutan nonelektrolit dan elektrolit yang konsentrasinya sama.
- Oksidasi-reduksi: Penerapan konsep oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia untuk mencegah korosi, proses oksidasi- reduksi dalam sel elektrolisis, dan Penerapan Hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit.
- Unsur-unsur penting, karakteristik, manfaat dan bahayanya: Kandungan unsur-unsur utama dan transisi dalam berbagai produk, (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya) sebagai penentu kecendrungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi, manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari, dan unsur-unsur radioaktif, manfaat dan bahayanya.
- Senyawa organik dan makromolekul: Struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat), struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya, struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein), dan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak.
Keterangan: Berdasarkan pada Permediknas Nomoor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru.